Selasa, 10 Mei 2011

Cara menghindarkan diri seseorang dari bahaya narkoba

Pada zaman sekarang ini di kalangan masyarakat luar telah berkembang kebiasaan serta kebudayaan yang salah yaitu kebudayaan mengkonsumsi barang haram (narkoba).zaman sekarang ini narkoba bukan lagi konsumsi yang tabu di kalangan anak mudah,terutama pada kalangan-kalangan pelajar dan mahasiswa.
Mungkin ,paham sekarang ini tlah berpengan prinsip tidak memakai dan menggunakan narkoba merupakan hal yang norak dan ketinggalan zaman,walau mereka tau sebenarnya hal itu akan sangat tidak bermamfaat untuk dirinya dan orang lain,yang dapat merusak dirinya dan masa depannya...tapi semua itu di kesampingkan karena kenikmatan sesaat yang mereka inginkan.
Sesungguhnya, semua kebiasaan buruk mengkonsumsi narkoba itu berawal dari sebuah lingkungan serta pergaulan,itulah yang membuat paham menggunakan barang haram tersebut beredar,karena rasa ingin tau yang dimilikinya,didukung lingkungan serta pergaulan yang menjerumuskan dengan memperkenalkan kenikmatan-kenikmatan tiada tara,yang mungkin saja tidak didapatkan oleh anak tersebut didalam keluarganya.karena itu lah anak tersebut mencoba mencari untuk mencarinya diluar.dan mereka dapatkan kesenangan itu dari barang haram ini walaupun itu hanya sesaat tapi,bagi mereka kesenangan sesaat itulah daripada tidak sama sekali mendapatkan kesenangan itu.
Ada beberapa cara untuk menghindarkan diri seseorang dari lingkup narkoba itu dan agar tidak terjerumus untuk mengkomsumsi narkoba.cara nya sebagai berikut:
1. Pendekatan diri kepada tuhan yang masa esa
Dengan mendekatkan diri dengan tuhan yang masa esa maka akan terjalin sebuah komunikasi batin yang baik dengannya.dan orang tersebut akan selalu ingat setiap apa yang akan diperbuatnya baik itu perbuatan yang benar atau pun perbuatan yang salah.karena orang yang dekat pada tuhannya akan tau yang baik atau buruk bagi diri nya.
2. Pemberian perhatian yang cukup dalam keluarga
Karena lingkungan yang paling dekat adalah keluarga maka sepatutnya setiap anggota keluarga memberikan perhatian serta kasih sayang yang cukup agar tidak ada keluarga(anak) mencari yang tidak ia dapatkan di dalam keluarga itu.
3. Menyalurkan potensi (bakat) diri dalam hal yang positif
Didalam diri setiap orang terdapat potensi(bakat) saya yakin itu…
Maka sebaiknya potensi atau bakat itu disalurkan dalam hal yang positif.contohnya begini misalkan seseorang itu merasa berbakat dalam bidang seni atau olahraga contohnya melukis atau bermain bulu tangkis.nah..salurkan lah dengan cara belajar untuk lebih mengusaai dan memperdalam bakat tersebut agar menjadi hal yang bermamfaat bagi diri orang tersebut ataupun bisa bermanfaat bagi orang lain.
4. Mengikuti kegiatan atau organisasi yang positif
Maksudnya disini adalah kegiatan serta organisasi yang bermamfaat bagi diri orang tersebut serta masyarakat lain.contoh nya saja organisasi atau kegiatan pecinta alam.dan karena terfokus untuk kegiatan ini maka akan dapat menutup pikiran seseorang untuk berbuat hal-hal lain yang tidak ada manfaatnya yaitu contohnya mengkonsumsi narkoba.
5. Mencari untuk mengetahui dampak kerugian apa saja kalau orang itu mengkonsumsi narkoba.
Dengan mencari dan mengetahui dampak-dampak negative serta kerugian apa saja yang akan diri kita dapatkan dari mengkonsumsi narboka maka orang itu akan sadar dan akan perbikir ulang untuk menggunakan barang haram ini.
karena saya percaya seseorang sesungguhnya tidak mengharapkan dirinya rusak.
Itulah beberapa cara untuk terhindar dari narkoba,jadi mulai sekarang jadilah manusia yang sadar dan dapat sayang dengan diri sendiri dengan cara menjauhi narkoba ataupun barang haram lainnya………

1 komentar: