Selasa, 10 Mei 2011

BILA MENJADI SEORANG PEMIMPIN(bila saya yang menjadi pemimpin itu)

Didunia ini semua orang ini menjadi seorang yang pemimpin.buktinya saja karena setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri.maka tidak menutup kemungkinan seseorang akan menjadi pemimpin bagi orang lain..pikiran seperti itulah yang menjadi pemikiran saya kedepan.pikir saya kalau saya sudah menjadi pemimpin bagi diri saja sendiri,dan tidak menutup kemungkinan suatu saat saya akan berdiri untuk menjadi pemimpin bagi orang banyak..amin insya allah
Dan jika suatu hari semua itu jadi kenyataan saya jadi seorang pemimpin,maka saya percaya dan yakin semua itu akan mudah untuk menjalaninnya,karena seorang pemimpin akan dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan yang kecil ataupun besar.contohnya saja masalah bagaimana menyikapi konflik yang terjadi disaat saya memimpin,ataupun masalah bagaimana saya memberikan motivasi bagi yang saya pimpim itu untuk giat lagi berkerja bahkan masalah bagaimana gaya saya menjadi pimimpin yang efektif yang bisa diterapkan kepada bawahan saya.itu baru sedikit masalah yang menjadi sekitit kendala dalam sebuah kepemimpinan seseorang.dan mungkin jika saya menjadi pemimpin itu juga saya alami.
JIKA SAYA JADI SEORANG PEMIMPIN
A. Cara saya menghadapi konflik yang terjadi adalah dengan cara:
1. Bijaksana
Karena Seorang pemimpin itu harus bijaksana dalam menyelesaikan konflik.bijaksana dalam hal dapat mendengar penjelasan dari yang berkonflik.
2. Berfikir Adil
Setelah mendengarkan penjelasan dari yang berkonflik tadi barulah dapat mengambil keputusan (tapi yang adil) yang bener yah bener yang salah ya yang salah tanpa melihat orang itu sapa saya.
3. Ajak Duduk bersama dengan yang berkonflik untuk bicara penyelesaian konflik tersebut.
4. Setelah itu cari solusi yang tepat yang menyelesaikan konflik ini.
5. Bicarakan solusi tersebut ke yang berkonflik itu.

6. Lalu damaikan yang berkonflik agar rukun seperti semula.


B. Cara saya memberi motivasi pada bawahan untuk giat bekerja
1. Slalu tekankan kepada bawahan rasa untuk bersyukur kepada tuhan atas semua yang tlah diberikan.
2. Berfikir positif untuk semangat bekerja karena bekerja merupakan sebuah pahala yang dihitung olehnya.
3. Memberikan pegertian bahwa mereka bekerja untuk keluarga yang disayangi nya dirumah.
4. Memberikan pengertian bahwa mereka orang-orang yang termaksud beruntung karena bisa bekerja sedangkan diluar sana masih banyak yang ingin bekerja tapi belum dipercayakan untuk bekerja.
5. Bagi yang kerja nya bagus akan mendapatkan bonus yang sebanding dengan hasil kerja nya.
6. Setiap yang kerjanya memuaskan akan mendapatkan kenaikan gaji.
7. Kebersamaan serta kesetaraan dalam bekerja



C. Bagaimana gaya kepemimpinan yang efektif yang dapat saya terapkan.

1. Gaya kepemimpinan kebersamaan(kekeluargaan)
Gaya ini saya(pemimpim) berbaur bersama bawahannya.agar tidak terjadi kesenggangan antara pemimpin dan bawahan,tapi dalam kaidah-kaidah tertentu.
2. Gaya kepemimpinan berwibawa
Pemimpin harus menampilkan aura kewibawaan kepada bawahannya agar bawahan dapat memandang dirinya.
3. Gaya kepemimpinan yang jujur
Disini jujur dalam segala urusan yang berkenaan tentang perusahaan.jujur dari atasan ke bawahan,dari bawahan ke atasan maupun bawahan ke bawahan.
4. Gaya kepemimpinan tegas mandiri
Gaya ini dituntut kepada bawahan untuk bekerja mandiri sesuai tugasnya masing-masing yang berdampingan dengan sifat pemimpinnya yang tegas dalam hal pekerjaan juga terhadap bawahannya.
5. Gaya kepemimpinan penuntunan bawahan
Gaya seperti ini pemimpin menuntun atau mengarahkan serta memberikan contoh dalam segala hal kepada bawahannya.
Itulah beberapa hal yang saya lakukan apabila saya dipercayakan untuk suatu saat menjadi pemimpin nanti.karena saya percaya pemimpin itu sebuah kepercayaan darinya yang suatu saat dipertanyakan pertanggungjawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar