Minggu, 27 Februari 2011

PEMBAHASAN ANTARA KIAT-KIAT BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI,DENGAN MAKNA KATA ‘SUKSES’ SERTA SARJANA MEMBUMI

1. Kiat belajar di perguruan tinggi
Sebagai seorang mahasiswa dalam pembelajaran sehari-hari yang diterima di kampus, yang dihadapkan dengan begitu banyaknya mata kuliah pembelajaran yang menuntut anda untuk dapat mengerti dan memahami pembelajaran materi mata kuliah tersebut oleh karena itu seorang mahasiswa membutuhkan sesuatu metode atau yang sering di sebut dengan KIAT pembelajaran yang baik selama anda berada pada perguruan tinggi tersebut selama anda menyandang sebagai mahasiswa.kiat-kiat tersebut bisa dimulai dari :
A. Diri anda sendiri
Di dalam diri anda harus terdapat sebuah semangat yang tinggi yang akan mendorong dan menjadi sebuah motivasi untuk jadi yang lebih baik dan baik lagi. Selain semangat yang tinggi di dalam diri anda juga harus terdapat sifat untuk memotivasi diri anda sendiri agar tidak gampang menyerah dengan keadaan yang ada hadapi selama anda berada di perguruan tinggi.
B. Masuk tepat waktu
Dengan anda masuk kuliah suatu mata kuliah dengan tepat waktu itu akan membuat anda lebih semangat dan lebih percaya diri untuk menerima pembelajaran yang di dapat, bukan saja itu dengan tepat waktu anda akan untung materi pembelajaran karena ada mendapatkan materi dari awal sampai akhir yang di terangkan oleh dosen yang bersangkutan.
c. Duduk di bangku yang paling depan.
Dengan anda duduk di bangku paling depan anda akan lebih focus menerima materi yang disampaikan oleh dosen. Serta anda akan lebih jelas untuk segi hal pemahaman jika di mandingkan yang duduknya di bangku belakang.
d. Mendengarkan materi yang disampaikan dosen dengan baik.
Dengan anda focus memdengarkan dosen dengan baik dan seksama maka dijamin anda akan sangat menguasai materi yang disampaikan dosen tersebut.
e. Mencatat materi-materi yang penting
hal ini untuk anda mempermudah anda ketika anda lupa tentang materi tersebut sementara anda ingin mempelajarinya kembali.
f. Mencatat hal yang ada belum memahami ( belum jelas)
dalam sebuah pembelajaran tidak semua dengan cepat anda dapat mengerti dan memahami pembelajaran tersebut kadang kala ada yang anda kurang jelas dalam pembelajaran tersebut. Nah nisini lah fungsinya mencatat hal yang anda kurang jelas tersebut.dengan mencatat materi yang kurang jelas tadi anda dapat menanyakan kembali ke dosen yang bersangkutan saat dosen tersebut membuka sesi pertanyaan.
g. Bertanya jika ada pertanyaan
materi yang anda catat karena belum jelas tadi anda Tanya kan ke dosen bersangkutan untuk mendapatkan suatu jawaban agar anda bisa dapat memahami yang anda belum jelas tadi.
h. ajukan tanggapan baru jika perluh
jika setelah anda mengajukan pertanyaan dan anda belum jelas lagi anda dapat mengajukan tanggapan baru agar dosen bersangkutan dapat menjelaskan kembali atas pertanyaan anda.
i. Mencatat semua tugas yang dosen berikan
Karena ini berfungsi untuk mengingatkan kembali ada ada tugas apa saja dari dosen.karena biasanya dari tugas-tugas tersebutlah nilaidi berikan ke anda.
j. mempelajari foto copyan materi yang di berikan dosen
k. mengerjakan segala tugas dengan baik dan maksimal
l. selalu belajar materi sebelum mendapatkan sebuah pembelajaran dari dosen
. Karena ini mempermudah anda untuk mengerti saat dosen menyampaikan materi.
m. Banyak-banyaklah membaca dari mana pun itu sumber pembelajarannya.
2. Makna kata suskes
Dalam diri setiap manusia pasti mengenal suatu kata yang mudah diucapkan tapi dalam perwujudannya mungkin di katakan sedikit gampang dan susah kata tersebut yaitu “sukses”
Menurut saya kata sukses atau kesuksesan yaitu saat saya dapat menemukan dan dapat menerima serta memberikan sesuatu kebahagiaan, ketentraman, kedamaian. Sesejukan keiklasan,serta ketulusan pada diri saya dan orang yang saya sayangi dan orang lain yang saling social sama saya bukan saja itu tapi saya juga dapat berhasil melakukan sesuatu hal positif yang saya inginn wujudkan dalam hidup saya yang bisa bermanfaat untuk saya dan semua.
6 Makna sukses dari saya:
1.keserasian dan keseimbangan dalam hidup
2.dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
3.suatu proses selalu tetap untuk menuju dan melangka menuju cita-cita.
4.sukses harus melewati suatu proses hidup yang harus dijalankan satu tujuan yang kuat demi menuju titik akhir untuk menikmati suatu keberhasilan.
5.keberhasilan di dunia dan diakhirat
6.berada disamping nya( Allah SWT) dengan tersenyum.
3. “ sarjana membumi ”
Sapa yang di dunia ini tak ingin menjadi atau menyandang gelar sarjana membumi???????? Mungkin jawabannya adalah hampir semua orang yang ada di dunia ini ingin menyematkan gelar tersebut. Tapi kenyataannya sekarang ini banyak yang menyandang gelar tersebut tapi gelar sarjana yang bukan sarjana yang sebenarnya kata lainnya sarjana asal sarjana saja.
Sarjana sebenerja harus sarjana yang bener-bener sarjana dan sarjana yang di gelarkan membumi untuk diri nya dan orang lain. Apa sarjana membumi itu ???
Sarjana membumi adalah sarjana yang bener-bener bisa melakukan dan menjalankan hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal positif baik untuk diri nya ataupun untuk orang lain baik dari segi guna dan manfaatnya dengan selalu memperhatikan segala sesuatu yang akan dilakukan di lihat dari segi baik atau buruknya.
Sarjana membumi juga bisa diartikan sebagai seseorang yang telah selesai menyelesaikan atau mentamatkan kuliahnya dengan hasil yang memuaskan dan langsung dapat terjun kedalam dunia masyarakat yang luas dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat karena hal positif dari sarjana tersebut.
Itulah sedikit tulisan saya mengenai tiga hal diatas….
kesimpulannya iylah seorang yang belajar di perguruan tinggi harus punya kiat-kiat tertentu ,agar dapat suatu kesuksesan bagi diri nya dan tujuan akhirnya adalah menjadi seorang sarjana membumi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Semoga saya salah satunya amiiiiiiinnnnnnnnnn..…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar