Jumat, 12 November 2010

KEBUDAYAAN SERTA TRADISI MASYARAKAT MALUKU NERGI MAMALA


          Beberapa pihak terus serta telah berusaha melestarikan Adat - Istiadat, Seni dan Budaya Masyarakat Maluku, karena sejak sebelum Republik Indonesia Merdeka sampai jaman Globalisasi saat ini;  Masyarakat serta kebudayaan tidak terlepas dari nergi kita yang tercinta ini mulai dari unjung Indonesia timur sampai barat yang kita kenal dari sabang sampai meraoke begitu banyak ragam budayanya. budaya-budayari. tersebut mempunyai nilai seni tradisional yang mengandung arti dari kehidupan  serta adat dari daerah itu  sendiri yang mencerminkan kebiasaan warga daerah tersebut. demikian pula ada beberapa Kesenian dan Kebudayaan dari daerah lain yang menjadi Simbol pada setiap pembukaan suatu acara serta ada beberapa Kesenian dan Kebudayaan yang mengambarkan kehidupan masyarakat dimassa lampau daerah tersebut.kita ambil contoh beragam budaya dan kesenian dari daerah jawa barat di jawa barat terdapat kesenian  “ jaipongan “ dan “ budaya syawalan”.  Mungkin kesenian dan budaya dari daerah yang terdapat di  nergi ini udah cukup vamilier.tapi pertanyaannya apakah budaya yang berasal dari provinsi timur Indonesia cukup vamilier di nergi ini ????????? Contohnya Adat - Istiadat, Kesenian dan Kebudayaan Maluku,  pasti masih banyak masyarakat yang kurang mengenal da atau tidak mengetahuinya.

 maka dari itu lewat  media elektronik ini  saya berusaha semaksimal mungkin untuk memperlihatkan, mengenalkan dan mengembangkan Adat - Istiadat, Seni dan Budaya Maluku, khususnya kebudayaan nergi mamala dengan tidak membeda - bedakan asal - usul Adat - Istiadat, Kesenian dan Kebudayaan dari negeri yang ada di Provinsi Maluku. Namun maksud dan tujuan saya ini adalah sebagai media informasi, edukasi, komunikasi, promosi yang berkaitan dengan Adat - Istiadat, Kesenian dan Kebudayaan Masyarakat Maluku, sehingga baik masyarakat Maluku sendiri maupun masyarakat khalayak umum dapat mengenal dan mengetahui keberadaan yang ada di Maluku.

Salah satu acara tradisi yang masih dan terus diselenggarakan adalah PUKUL SAPU LIDI, yang dilaksanakan oleh Raja  masyaraka Negeri Mamala di Ambon - Maluku, dimana acara tersebut diselenggarakan pada setiap 7 (tujuh) hari seusai Hari Besar Islam "IDUL FITRI", dimana ciri khas acara tersebut yaitu Pukul Sapu Lidi Aren ketubuh antara lawan satu dengan yang lainnya, dengan beberapa syarat tidak boleh mengenai muka dan atau bagian pital lawannya.
Acara tradisi PUKUL SAPU LIDI ini sudah berjalan sejak beberapa ratus tahun lahu di Negeri Mamala, sehingga hampir seluruh masyarakat disekitar Pulau Ambon maupun wisatawan asing yang mengetahui acara tardisi tersebut pasti padat menghadiri dan menyaksikan acara tradisi PUKUL SAPU LIDI tersebut,tradisi ini di lakukan dalam rangka memeriakan hari raya idul fitri…dengan maksud tujuan saling menimbulkan rasa saling kekeluargaan dan kebersamaan dalam hidup dan tanpa dendam satu sama lain.dengan menggunakan sapu lidi yang berukuran lumanyan besar semua peserta  saling berhadapan satu sama lain dan saling memukul-mukulkan sapu lidi itu ke depan lawan nya sambil berjalan keci.setelah itu baru akan gentian yang lawan yang sudah kena pukulan gantian melakukan hal yang sama kepada yang tadi di depan nya. Setelah acara selesan semuapeserta diberi minyak adat yang tlah di beri doa-doa khusus. Nama minyak tersebut adalah minyak tasalah.


           
     Selain tradisi pukul sapu tersebut ada tradisi yaitu tradisi yang sering disebut dengan acara tradisi BAMBU GILA yang sangat dikenal oleh masyarakat Maluku maupun masyarakat daerah lain dimana acara tradisi BAMBU GILA sudah diketahui adalah berasal dari Maluku, namun masih banyak masyarakat daerah lain yang tidak mengetahui seperti apa acara yang disebut BAMBU GILA, tradisi bamboo gila ini di l;akukan dengan mengunakan sebuah bamboo yang di pengang oleh beberapa oaring dalam keadaan setengah meluk bamboo lalu bamboo tersebut di beri manyra atau bacaan oleh ketua adat daerah tersebut latu atraksi tradisi ini dapat berjalan.

       Selain 2 tradisi diatas ada lagi tradisi tarian yang masyarakat Maluku sebut “ TARIAN CAKALELE “  tarian cakalele adalah sebuah tarian masyarakat Maluku yang menggambarkan sebuah tarian kegembiraan melepas dari suatu masalah dan manggmbarkan munculnya kebahasiaan baru yang muncul dari kebersamaan yang tercipta dari masyarakat Maluku. Dengan tarian yang diiringi dari dengan music lebih menambah suka cita dan semangat kegembiraan.tarian cakalele ini di adakan tidak menentu kapan waktunya. Tarian itu bias kapanpun di adakan itu tergantung dari yang  mau adakan acara tersebut. Contohnya tarian itu diadakan pas ada acara pernikahandi selah – selah acara pernikahan tersebut bisa di selipkan tarian tersebut.

        Ada lagi sebuah tradisi rakyat Maluku yakni  yang di kenal dengan “makan patita” tradisi makan patita merupakan sebuah tradisi makan bersama yang memiliki tujuan kebersamaan hidup yang ini.tradisi ini dilakukan dengan cara tata pelaksanaan nya yakni masing –masing warga  kampong membawa makan masing – masing yang dibuat sendiri dari rumah  lalu dikumpulkan di tempat yang sebagai acara yang akan di laksanakan di sana.setelah terkumpul semua makanan yang di bawah masing – masing warga baru bisa acara makan patita itu dilakukan.
Ada lagi tradisi yang bertama  PANASPELA  perluh diketahui panapela adalah suatu tradisi  “RUKUN BERAGAMA” acara ini di adakan untuk menimbulkan rasa saling toreransi dalam beragama sesame masyarakat Maluku.acara ini biasanya diadakan oloh suatu kampong dengan nengundang kampong lain yang berbeda kepercayaannya. Tradisi ini mencerminkan bagaiman rakyat Maluku ingin menciptakan suatu kerukunan dalam masyarakat Maluku itu sendiri.


dan masih banyak lagi acara tradisi masyarakat Maluku yang belum dan tidak diketahui oleh masyarakat Negeri - Negeri lain di Maluku maupun masyarakat dari daerah lain di bumi Nusantara - Indonesia.begitu banyak lagi tradisi dari rakyat Maluku,tetapi masih kurang juga masyakat mengetahui tradisi dan adat-adat yang ada di mluku.
  Maka dari itu mari kita bangsa Indonesia ikut melestarikan dan mengetahui adat dan tradisi yang ada ini kita tercinta ini karena bangsa ini mempunyai begitu banyak tradisi dan kebudayaan karena kebudayaan itu merupakan tonggak  citra diri suatu bangsa.mungkin  yang dibahas  di atas tentang beberapa adat dan tradisi di Maluku itu  baru sedikit dari banyak yang ada di daerah Maluku itu sendiri.masih banyak lagi yang adat dan tradisi yang ada di Maluku tapi dalam kesempatan kali ini mungkin itu yang bias saya tuliskan dari beberapa yang telah ada. Tradisi yang saya angkat menjadi tulisan ini adalah sebuah tradisi yang ada di sebuah desa yakni desa yang bernama negeri MAMALA.


CINTAILAH KEBUDAYAAN INDONESIA KARENA KALU BUKAN KITA LANTAS SAPA LAGI YANG AKAN MENCINTAI KEBUDAYAAN KITA INI…….CINTA INDONESIA CINTA KEBUDAYAANNYA

Selanjutnya dengan tidak mengurasi rasa hormat  mengharapkan peran serta partisipasi semua pihak dari seluruh Rakyat indonesia serta masyarakat Maluku khususnya ,kiranya dapat memanfaatkan sarana ini sebagai sebuah perkenalan kebudayaan walaupun hanya sedikit yang saya tulis ini., agar dapat bermanfaat bagi orang maupun bagi generasi penerus guna dapat melestarikan dan mengembangkan Adat - Istiadat, Seni dan Budaya Maluku.

Tulisan saya ini terinspirasi dari :
“dan saya sendiri”

2 komentar:

  1. cakep tulisannya ya..thank's infonya salam..
    http://www.lebahmaster.com
    http://jualsepatuonline.co

    BalasHapus
  2. Terima kasih..sangat membantu

    BalasHapus